Senin, 28 Juli 2008

Jenis-Jenis Kelinci

Ras kelinci memiliki ukuran, warna dan panjang bulu, pertumbuhan dan pemanfaatan berbeda-beda antara satu dan lainnya.Ada lebih dari 72 jenis yang menyebar dari segala penjuru dunia. Tapi dari sekian banyak ras, saat ini beberapa ras termasuk kelinci ternak yang di kembangkan secara komersial di negara-negara Eropa, Amerika, dan bahkan Bandung (hehehe salah ya, Indonesia maksudnya). Ras-ras kelinci tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Angora

Asal usul kelinci ras Angora kurang jelas. Konon, berasal dari kelinci liar yang berkembang secara mutasi dengan spesifik berbulu panjang. Angora pertama kali di temukan dan di bawa oleh pelaut Inggris, kemudian di bawa ke Perancis tahun 1723. Tahun 1777 Angora menyebar ke Jerman . Tahun 1920 meluas ke negara-negara Eropa Timur, Jepang, Kanada, dan Amerika Serikat. Sampai kini Prancis menjadi pusat peternakan kelinci Angora terbesar yang menhasilkan wool. Angora dewasa berbobot 2.7 kg, baik jantan maupun betina. Pertumbuhan bulunya yang sangat cepat yakni 2.5 cm per bulan, membuat kita hatus rajin mencukurnya 6-8 cm tiap tiga bulannya. Karena kalo di biarkan tumbuh, bulunya akan cenderung kusut dan menggumpal, gak cantik lagi deh.




2. Lyon

Sesungguhnya lyon adalah angora inggris yang tidak jadi kupingnya pendek, wajahnya di penuhi bulu-bulu panjang, mirip seperti lion (singa) tapi yang ini sih gak serem, malah cenderung lucu. Karena masih saudara dekat dengan angora, maka tiap 3 bulan sekali kita harus rajin mencukur bulunya yang cepat tumbuh.

3. American Chinchilla

Kelinci ras ini dibedakan jadi tiga tipe, yaitu standar (bobot dewasa 2.5-3 kg), besar (bobot dewasa 4.5-5 kg), giant (bobot dewasa 6-7 kg). Semua di manfaatkan untuk ternak dwiguna yaitu produksi fur dan daging. Kelinci raksasa alias Giant Chinchilla merupakan hasil persilangan antara Standard Chinchilla dan Flemish Giant.










4. Dutch

Ras dutch (Belanda) sangat terkenal di seluruh dunia sebagai hewan hias piaraan. bobot dewasa jantan dan betina antara 1.5-2,5 kg. Betina bersifat keibuan fertilitasnya tinggi. Setiap kali melahirkan, kelinci menghasilkan anak 7-8 ekor. Warna bulunya khas, melingkar seperti pelana berwarna putih dari punggung terus ke leher sampai kaki depan bagian belakang dan kepala hitam,cokelat atau abu-abu.Moncong dan dahi putih. Kaki depan seluruhnya putih.Kaki belakang hitam atau warna lain dengan ujung kaki putih.Ada pula yang sekaligus memiliki 3 macam warna, sering di sebut Tricolored Dutch.














5. English Spot

Ras ini berwarna putih dengan tutul-tutul hitam. Sepanjang punggung ada garis hitam, dari pangkal telinga memanjang sampai ke ujung ekor. Perut bertutul-tutul hitam seperti puting susu. Telinga hitam, mata dilingkari bulu hitam, sehingga tampak seperti memakai kaca mata. Hidung diliputi bulu hitam berbentuk kupu-kupu.












6. Himalayan

Ras ini sekarang lagi banyak banget di cari, naik daun deh, harganya masih selangit sekarang. Banyak yang meyakini asalnya dari Cina sebab di sana banyak di jumpai kelinci ini. Mula-mula di bawa dari cina ke Eropa sebagai pengisi kebun binatang dan dikenal dengan nama ‘Kelinci hidung hitam dari Cina’. Warna hitam pada kaki mulai timbul pada umur 3-4 minggu, mula-mula pucat lalu menjadi hitam. Himalayan yang disilangkan dengan New Zealand White, anak-anaknya menyerupai Himalayan. Kalau disilangkan dengan kelinci berwarna lain, keturunannya tak ada yang menyerupai Himalayan.








Sampai sini dulu yaaa penjabaran tentang aneka ras kelinci .. bagi penggemar kelinci untuk ingin tau lebih jelsanya klik aja disini . pasti lengkap .. oke ..

14 komentar:

Oeoes mengatakan...

cak ternakno po'o aku kan sibuk engkok hasile bagi 2 oke...!!!

Cak Goestaf mengatakan...

oke kang oeoes..tak ternakno tapi bukan hewan kelinci..hewan kuskus yow.. he he he

wewe mengatakan...

cak duwe kelinci opo ae?

memble.rabbit mengatakan...

caak sampeyan ddodol kelinci ta?

rabbitshop mengatakan...

rabbitshop02@gmail.com
aku jualan kelinci....

Goestaf saja mengatakan...

@ wewe : sudah g punya kelinci.. dah di jual.. hehehee

@ memble : wiz gak duwe.. :p

@ rabbit : okey..

Reza mengatakan...

Terrimakasi Atas kebijakan teman-teman, Kami Peternak kelinci hias Dari puncak ,Cipanas/Cianjur
Kami menjual anak kelinci dari semua jenis ras, persatu Ekor kelinci dihargai Rp 1,0000 kalaw anda berminat hubungi kami di :

Email : perazaazarep@yahoo.co.id

Alamat peternakan kami
Cipanas/Cianjur
Jalan Pasirkampung,
LOji Al-riyadl
Gg Amanah

Nama peternakan :

" PETERNAKAN AMANAH "

TerimaKasi UNTUK blogg ini

memble.rabbit mengatakan...

o,suwon cak
e nang suroboyo sopo seng dodolan kelinci jenis?
lek ngerti tolng kbri aq po'o, no hpq 0856 4949 0808

Anhiez mengatakan...

ihh lucu deh kelinci.y...
aq jg punya kok d rmh :)hehehe :D

Rohmad Basuki mengatakan...

saya menyediakan berbagai jenis kelinci pedaging(flemish dan lokal) di daerah boyolali perbatasan solo dan karanganyar tepatnya di daerah bandara solo

azis8439 mengatakan...

Anaku suka kelinci..tapi ya ampunn makan nya..ternyata rampus...!! Biasanya dikasih daun Kangkung..!!

Harryzahra mengatakan...

bagus infonya. fotonya juga jelas. Ni lagi nyari peluang usaha coba coba kali aja oye.

Cinta untuk Lembang mengatakan...

Ada yang minat bekerjasama?

豚骨拉麵Tiger mengatakan...

徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,離婚,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社